Categories
News

Arsenal dan Manchester United Kejar Dembele

LONDON — Pemain sayap Barcelona, Ousmane Dembele, menjadi target buruan terakhir klub raksasa Inggris Arsenal. Sejumlah media di sana menyebut Arsenal sedang berupaya mendatangkan pemain berusia 21 tahun itu sebelum jendela transfer musim panas ditutup hari ini. Tim Meriam London dikabarkan menawar Dembele seharga 89 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,6 triliun. Nilai tersebut terdiri atas Rp 160 miliar untuk biaya peminjaman selama satu musim dan sisanya Rp 1,44 triliun akan dilunasi pada musim panas tahun depan sekaligus membuat Dembele permanen di Arsenal. Manajer Arsenal, Unai Emery, sudah membeli lima pemain pada bursa transfer musim panas ini. Mereka adalah bek Stephan Lichtsteiner dan Sokratis Papastathopoulos, gelandang Matteo Guendouzi dan Lucas Torreira, serta kiper Bernd Leno. Emery memberi sinyal ingin membeli satu lagi pemain sebelum memulai kompetisi Liga Primer Inggris musim 2018/2019. Bisa jadi Dembele-lah orangnya. ”Jika ada kesempatan, saya ingin mendatangkan satu pemain lagi. Tapi dengan syarat dia bukan pemain yang biasa-biasa saja.

Pemain itu harus sangat hebat,” kata Emery, dua pekan lalu. Jika berpatokan pada pemain yang sangat hebat, Dembele memenuhi syarat. Dembele salah satu pemain sayap muda yang punya masa depan cerah. Dia punya kecepatan, kelincahan, serta kecerdasan mengobrak-abrik kotak penalti lawan dari sisi sayap. Buktinya, pada musim lalu, Dembele sukses mencetak empat gol dan membikin sembilan assist dalam 23 kali penampilan bersama Barcelona. Arsenal akan memanfaatkan kegundahan hati Dembele yang dikabarkan sudah tak betah di Camp Nou. Terlebih setelah Barca membeli pemain sayap anyar Malcom dari Bordeaux seharga 37 juta pound sterling atau sekitar Rp 695 miliar pada Juli lalu.

Dembele merasa persaingan di Barcelona terlalu ketat setelah Malcom datang. Di Barcelona, Dembele juga kurang beruntung. Sempat bermain bagus di awal musim, dia mengalami cedera dan terpaksa absen beberapa bulan. Tanpa pemain sayap yang mumpuni, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mencoba strategi baru dengan mengandalkan Lionel Messi dan Luis Suarez di lini depan. Hasilnya ciamik. Bahkan para pemain Barcelona cukup nyaman dengan racikan baru Valverde. Celakanya, setelah pulih, Dembele lebih sering menjadi penonton. Kabar kepindahan Dembele ke Arsenal semakin hangat ketika ia berlibur di London pekan lalu bersama dua pemain The Gunners, PierreEmerick Aubameyang dan Henrikh Mkhitaryan. Ketiganya memang dekat lantaran pernah bermain di klub yang sama, Borussia Dortmund. Arsenal saat ini sangat kekurangan pemain di posisi sayap. Mereka hanya punya Alex Iwobi dan pemain muda Joel Campbell di posisi itu. Walhasil, Dembele bakal mendapat kepastian bermain rutin di bawah naungan Emery.

Namun media Spanyol, Mundo Deportivo, tak yakin Dembele bakal pergi. Menurut mereka, pemain berkebangsaan Prancis itu telah berbicara dengan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, dan menyatakan hasratnya untuk bersaing memperebutkan posisi di tim utama. Kabar kepindahan Dembele kian heboh setelah Manchester United juga disebut-sebut tertarik mendatangkan bekas pemain Stade Rennais itu. MU dikabarkan siap membayar Rp 1,6 triliun demi Dembele. “Jika kami mengarungi musim dengan skuad seperti ini, saya rasa kami akan kesulitan. Saya akan bicara dengan petinggi klub untuk kemungkinan pembelian pemain baru,” kata sang Manajer, Jose Mourinho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *